Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda
Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda

Sabtu, 16 Desember 2017

Mahakam - Daftar SMS MarketMahakam - Tabel HargatMahakam - Grafik KomoditasMahakam - Virtual Tour

TPID Samarinda Terbaik se-Indonesia Timur

by Heriyanto


Posted on 05 Agustus 2016


TPID Samarinda Terbaik se-Indonesia Timur

TPID Samarinda Terbaik se-Indonesia Timur

SAMARINDA – Kerja keras tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Samarinda menekan naiknya harga-harga di Kota Tepian berbuah manis. Penghargaan sebagai daerah dengan TPID Terbaik di kawasan Indonesia Timur pun diterima dan diserahkan kepada Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail di Ballroom Hotel Gran Sahid Jaya Jakarta Kamis (4/7) kemarin.
Acara yang dibuka Presiden Joko Widodo ini memfokuskan pada peran pemerintah untuk melakukan intervensi pada harga pangan yang beredar di masyarakat. Intervensi yang di maksud dapat berupa pengawasan berkala terhadap gudang distributor sehingga mencegah terjadinya lonjakan harga. Selain itu perlunya disediakan anggaran pengendali inflasi agar pemerintah dapat melakukan subsidi terhadap komoditas tertentu sehingga harganya stabil.
Menurut Wakil Walikota, upaya pengendalian inflasi membutuhkan pengawasan yang ketat terhadap pasar dan distributor. Pemerintah harus memastikan proses distribusi komoditas berjalan dengan baik. “Untuk mengurangi tekanan inflasi, perlu kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur,” kata beliau.
Hal ini dilakukan untuk menopang pencapaian kedaulatan pangan daerah, terutama untuk komoditas penyumbang inflasi seperti cabe merah. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk menjaga koordinasi yang solid antara berbagai penentu kebijakan publik di daerah agar menghasilkan kombinasi kebijakan yang terintegrasi, sehingga secara keseluruhan berdampak positif bagi terjaganya harga barang pokok bagi masyarakat.
“TPID diharapkan tidak hanya menyasar persoalan yang memicu gejolak harga melalui pendekatan yang bersifat jangka pendek, namun secara bertahap direncanakan mulai menyentuh pada solusi atas berbagai persoalan yang bersifat struktural seperti peningkatan produktivitas, kelancaran distribusi, dan struktur pasar yang efisien,” lanjut wakil walikota tersebut.
Indikator Samarinda terpilih sebagai TPID terbaik yaitu adanya pelabuhan yang memperlancar arus barang, arus pertanian yang lancar serta usaha perikanan juga lancar dengan sistem manajemen di pelelangan sudah membaik. (TPID Samarinda)


BERITA TERKINI
Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Jakarta, ESDM RI - Komitmen pemerintah dalam menyediakan energi yang . . .

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

JAKARTA KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengingatkan pemerintah untuk tetap bekerja menjaga . . .

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

SAMARINDA, Koran Kaltim - Sejumlah komoditas pokok di Provinsi Kalimantan . . .

HARGA TERTINGGI
HARGA TERENDAH
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Prov. Kalimantan TimurBMKGDinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kal. TimurPemerintah Kota SamarindaBank IndonesiaBPS Kota Samarinda