Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda
Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda

Sabtu, 16 Desember 2017

Mahakam - Daftar SMS MarketMahakam - Tabel HargatMahakam - Grafik KomoditasMahakam - Virtual Tour

SEPUTAR MAHAKAM


SEPUTAR MAHAKAM

SEPUTAR MAHAKAM

              

Samarinda adalah ibu kota Propinsi Kalimantan Timur, berbatasan langsung dengan kabupaten-kabupaten lain seperti Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, udara dan air. Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, menjadi “gerbang” menuju Kota Samarinda melalui transportasi air dan daerah-daerah di pedalaman Kalimantan Timur lainnya, juga sebagai sumber daya alam maupun jalur jasa perdagangan. Dengan demikian  Samarinda telah menjadi kota jasa dan industri yang sangat berkembang. Diantaranya mempunyai unit produksi kuat di bidang Jasa, Industri dan Perdagangan serta  pengolahan sumber daya alam lainnya yang menjadi sektor utama penghasilan daerah. Dengan demikian Kota Samarinda menjadi kota sangat strategis, potensial dan penting tidak hanya bagi Samarinda sendiri namun juga bagi daerah lainnya.

Dalam rangka penyelengaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan secara baik dan benar (good goverance) yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, kebijaksanaan yang transparan dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat maka dianggap perlu membangun dan mengembangkan suatu sistim informasi Sistem Informasi Manajemen untuk mewujudkan visi dan misi Kota Samarinda sebagai Ibukota Metropolitan Berbasis Industri Perdagangan dan Jasa yang maju, Berwawasan lingkungan dan hijau, serta mempunyai keunggulan Daya Saing untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat sebagai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bidang perindustrian dan perdagangan yang berorientasi kepada pelayanan dan kerjasama masyarakat serta dapat memberikan kontribusi pada Pemerintah Kota Samarinda secara positif dengan tetap memperhatikan Industri skala kecil dan menengah serta perdagangan dari berbagai skala dalam menjalankan roda pembangunan di wilayah Kota Samarinda.

Sistem Informasi Manajemen yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Samarinda yang dikenal dengan "MAHAKAM (Media Harga Komoditias Kota Samarinda)" ini dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya serta menjadi masukan dan umpan balik bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka meningkatkan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Samarinda dengan menyelaraskan potensi peluang dan kendala yang dihadapi utamanya adalah terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kota Samarinda sehingga tepat mengenai sasaran dibentuknya Sistem Informasi Manajemen "MAHAKAM (Media Harga Komoditas Kota Samarinda)" yakni termonitornya  harga komoditas di sepuluh pasar dalam Kota Samarinda, terlaksananya Identifikasi potensi konsumen, tersedianya data sebagai bahan analisis dan perbandingan dari berbagai informasi harga sebagaimana dimaksud serta mendukung kebijakan Pemerintah dalam pengembangan sektor industri dan perdagangan dengan mambangun komunikasi dan partisipasi masyarakat dalam membantu ketersediaan bahan pokok dan ketahanan pangan dan pengembangan sektor pertanian yang tepat sasaran menuju masyarakat sejahtera.

Adapun tujuan dari Sistem Informasi Manajemen "MAHAKAM (Media Harga Komoditas Kota Samarinda)" yakni meningkatkan dan mengembangkan perdagangan antar kabupaten kota, memperkuat jaringan pasar produk potensial Kota Samarinda dan Provinsi Kalimantan Timur, memotong rantai distribusi perdagangan, meningkatkan dan mengembangkan IKM serta meningkatkan pendapatan UMKM.


BERITA TERKINI
Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Jakarta, ESDM RI - Komitmen pemerintah dalam menyediakan energi yang . . .

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

JAKARTA KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengingatkan pemerintah untuk tetap bekerja menjaga . . .

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

SAMARINDA, Koran Kaltim - Sejumlah komoditas pokok di Provinsi Kalimantan . . .

HARGA TERTINGGI
HARGA TERENDAH
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Prov. Kalimantan TimurBMKGDinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kal. TimurPemerintah Kota SamarindaBank IndonesiaBPS Kota Samarinda