Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda
Mahakam - Media Harga Komoditas Samarinda

Sabtu, 16 Desember 2017

Mahakam - Daftar SMS MarketMahakam - Tabel HargatMahakam - Grafik KomoditasMahakam - Virtual Tour

Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

by Heriyanto


Posted on 06 April 2017


Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Jakarta, ESDM RI - Komitmen pemerintah dalam menyediakan energi yang murah, bersih dan ramah lingkungan terus dilaksanakan, salah satunya dengan pembangunan jaringan gas rumah tangga (jargas). "Pembangunan jargas rumah tangga adalah salah satu upaya pemerintah untuk menyediakan energi bersih, murah dan ramah lingkungan, terutama untuk para ibu, sehingga hemat biaya" papar Dirjen Migas, IGN Wiratmaja beberapa waktu lalu.

Jargas untuk rumah tangga selain murah juga sangat praktis, karena gas sudah langsung mengalir ke masing masing rumah tangga dan dapat digunakan 24 Jam. "Harga gas tentu jadi lebih murah. Misalnya untuk rumah tangga, kalau keluarga biasanya beli 3 tabung LPG, kan sekitar Rp 60.000 per bulan. Kalau gas rumah tangga hanya Rp 30.000-35.000 per bulan. Lebih hemat 40-50%, tidak perlu menenteng tabung, dan sebagainya," lanjut Wirat.

Pembangunan jargas rumah tangga ini diutamakan bagi daerah penghasil gas, salah contoh kota Bontang, sehingga masyarakat Bontang juga dapat menikmati manfaat gas bumi. "Alhamdullilah, dengan dukungan dan sinergi dari pemerintah pusat, tahun ini kami kami tidak hanya melihat asapnya saja, tetapi manfaatnya juga" Pemerintah kota Bontang siap mengawal kebijakan ini, ujar Walikota Bontang, Neni Moerniani.

Untuk Tahun 2017, direncanakan terbangun 60.000 sambungan rumah (SR) dengan dana APBN sebesar Rp 1,4 Trilliun. Diharapkan dapat ground breaking pada bulan April - Mei 2017. Dengan skema penugasan pada PT Pertamina (Persero) dan PT PGN (Tbk).

Sebelumnya, Kementerian ESDM c.q Ditjen Migas telah menandatangi nota kesepahaman pembangunan jaringan gas rumah tangga dengan 9 pemerintah kabupaten/kota meliputi Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Bandar Lampung, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kota Samarinda dan Kota Bontang. 

Kementerian ESDM telah melaksanakan pembangunan jargas sejak tahun 2009 sampai dengan tahun 2016 dengan jumlah sambungan sebesar 185.991 (SR) di 14 Provinsi meliputi 26 kabupaten/kota.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja hari Rabu (29/03) menandatangani nota kesepahaman dengan 9 kepala daerah kota/kabupaten tentang penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga Tahun Anggaran 2017. 

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk memberikan landasan sinergi antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mendukung kelancaran penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan gas bumi untuk rumah tangga serta mengurangi kendala non teknis yang berpotensi menghambat seperti perizinan maupun permasalahan sosial. "9 kota/kabupaten ini memiliki pimpinan daerah yang kooperatif sehingga diharapkn berjalan sesuai dengan rencana" papar Wiratmaja.

Sembilan daerah tersebut adalah yaitu Kota Pekanbaru (3270 SR), Kab. Musi Banyuasin (6.031 SR), Kab. PALI (5.375 SR), Kab. Muara Enim (4.785 SR), Kota Bandar Lampung (10.321 SR), Kab. Mojokerto (5.101 R), Kota Mojokerto (5.000 SR), Kota Samarinda (4.500 SR), Kota Bontang (8.000 SR), dan provinsi DKI Jakarta (7.426 SR) merupakan bagian dari program jargas tahun 2017 dengan total jumlah sambungan 10 daerah sebesar 59.809 SR. 

Kementerian ESDM c.q Ditjen Migas membangun jargas sejak tahun 2009 dan telah terbangun sebanyak 185.991 SR di 14 Provinsi, terdiri atas 26 Kabupaten/Kota. Pembangunan ini menggunakan dana APBN dan dilaksanakan melalui penugasan pemerintah kepada PT Pertamina dan PT PGN.



BERITA TERKINI
Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Menggunakan Jargas untuk Rumah Tangga menghemat 50% dibanding Tabung LPG

Jakarta, ESDM RI - Komitmen pemerintah dalam menyediakan energi yang . . .

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

Maret Deflasi, Pemerintah Jangan Santai

JAKARTA KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengingatkan pemerintah untuk tetap bekerja menjaga . . .

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

Kelompok Makanan Sumbang Inflasi

SAMARINDA, Koran Kaltim - Sejumlah komoditas pokok di Provinsi Kalimantan . . .

HARGA TERTINGGI
HARGA TERENDAH
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Prov. Kalimantan TimurBMKGDinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kal. TimurPemerintah Kota SamarindaBank IndonesiaBPS Kota Samarinda